Skip navigation

Analisis dan berikan komentar pribadi Anda terhadap 10 sikap paradok berikut.
Berikut ini adalah 10 sikap paradok yang dinyatakan oleh Mihaly:
1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.
Tiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing dalam hidupnya, setiap individu tersebut menyimpan potensial yang amat dahsyat dalam berkreatifitas dan mengembangkan jatidiri mereka. Sebagai contoh pada saat seorang sedang jatuh cinta, prinsip gunung pun akan kudaki, laut pun akan kuseberangi menjadi tolak ukur yang menunjukkan bahwa mereka akan melakukan cara apapun dengan keunikan tersendiri untuk memikat lawan jenisnya. Tetapi adakalanya kemampuan yang mengagumkan tersebut surut seiring dengan berjalannya waktu, dan banyak orang memerlukan waktu pemulihan dan keadaan yang lebih tenang untuk menumbuhkan inspirasinya tersebut agar bisa berkarya lebih baik lagi.
2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time.
Orang – orang kreatif cenderung mengaplikasikan ide mereka jika mereka menginginkannya disaat yang dibutuhkan dan tepat untuk meraih hasil yang maksimal. Pada saat itu mereka terlihat menjadi seseorang yang sangat mengagumkan dan lebih cerdas dari orang kebanyakan. Sanjungan bisa menjadi pisau bermata dua yang mana akan bisa membuat kita menjadi jauh lebih bersemangat tetapi jika tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan kita merasa menjadi sombong dan cenderung menganggap kita yang terbaik dan orang yang lain tidak ada apa – apanya. Hal ini umum terjadi sehingga perlu disikapi oleh masing – masing individu dengan lebih arif dan bijaksana.
3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility.
Creative people pada umumnya melakukan sesuatu yang “out of the box”, melakukan hal – hal yang tidak lazim untuk dikombinasikan, bahkan dari sisi yang berlawananpun dapat membuat ide – ide mereka menjadi lebih brilian dan membuat banyak orang terkesima. Orang kreatif bisa terlihat sangat santai, mereka terlalu asyik dengan dunianya sendiri, bermain dan bermain dengan hidupnya, cenderung melupakan apa yang seharusnya menjadi kewajiban mereka,tetapi ketika mereka dituntut untuk dapat meraih suatu target, mereka akan berubah menjadi seseorang yang sangat disiplin sangat bertanggung jawab dengan keinginan mereka tersebut.
4. Creative people alternate between imagination and fantasy, and rooted sense of reality.
Kreatif sering diindentikkan dengan nyentrik, aneh, bahkan gila. Itu karena mereka – mereka yang berpikir kreatif tersebut memikirkan banyak hal dan ketika mereka belum mampu memperlihatkannya kepada dunia nyata, maka mereka pun akan tetap menganggap hal tersebut sebagai suatu mimpi dan imajinasi, kadang – kadang berlebihan tapi dari hal yang kecil di otak mereka bisa menjadi sesuatu yang bisa mengubah duniamu.
5. Creative people trend to be both extroverted and introverted.
Hal yang kreatif akan membuat seseorang terlihat extrovert dalam suatu waktu mereka mengekspresikan karyanya, tetapi akan membuat mereka terlihat sangat pendiam dan menutup diri mereka rapat – rapat untuk mengembangkan pola pikir mereka sendiri.
6. Creative people are humble and proud at the same time.
Pada dasarnya orang kreatif memiliki kebanggaan tersendiri akan kemampuan yang mereka miliki, mereka terlihat percaya diri dan senang dengan apa yang mereka buat bisa berguna bagi orang lain. Mereka akan terlihat sangat merendah dan sederhana ketika pada awalnya mereka melihat orang lain tersenyum karena mereka. Karena awal yang mulia akan membuat orang lain bisa menerima dengan baik atas karya yang mereka hasilkan.
7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.
Pikiran yang kreatif akan membuat mereka akan lebih bersemangat dengan apa yang ingin mereka raih. Mereka berani untuk keluar dari zona nyaman dan menabrak kebiasaan yang mereka lakukan. Karena itulah mereka, para manusia yang diciptakan untuk meraih mimpi dengan ide – ide brilian dan mereka akan melakukan apapun untuk itu.
8. Creative people are both rebellious and conservative.
Orang kreatif cenderung keras kepala dan susah untuk diatur. Mereka mempunyai pikiran sendiri yang membuat mereka bergerak begitu cepat menembus blokade – blokade kehidupan yang mereka anggap sebagai penghambat. Pikiran konservatif yang terciptapun adalah hasil ekpresi mereka kepada publik, yang bagi mereka adalah kepuasan tersendiri dalam berkarya.
9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.
Mereka yang kreatif mengembangkan ide mereka dengan penuh kebahagiaan dan semangat yang meluap – luap sampai kadangkala mereka yang subjektif menjadi lebih objektif dalam menilai suatu hal dan menjalankannya. Itulah keajaiban dari buah pikiran kreatif yang mereka miliki.
10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.
Orang kreatif adalah seseorang yang sangat sensitif dalam menyikapi suatu masalah. Mereka bisa menanggapinya secara berlebihan cenderung membawa dampak negatif bagi diri mereka sendiri dan orang lain atau mereka bisa menjadikannya sebagai pembawa kesejukan dalam hati mereka yang bahkan bisa memutarbalikkan keadaan untuk lebih membuat mereka merasakan hal terbaik yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: